Cara Membedakan Kabel Lightning Original Apple

Kabel Lightning

Tentunya anda sudah tahu fungsi dari konektor yang satu ini bernama kabel Lightning. Bagi yang belum tahu akan saya jelaskan lagi bahwa konektor ini adalah konektor untuk menghubungkan perangkat iPod Touch, iPhone dan iPad.

Nah bagaimana jika kabel Lightning anda tiba-tiba tidak bisa digunakan? Tentunnya anda akan membeli kabel Lightning baru. Banyak yang harus diperhatikan untuk memilih konektor ini pasalnya banyak bertebaran kabel non-orginal Apple yang dapat mempengaruhi perangkat. Dan tentu jelas anda tidak mau perangkat anda tiba-tiba rusak dikarenakan menggunakan kabel non-original Apple.

Berikut ini akan saya bagikan beberapa hal yang harus diperhatikan tentang cara membedakan kabel Lightning original Apple.

Ujung kabel Lightning

Ujung Kabel LightningUjung kabel Lightning 2

Pada ujung lightning, terdapat perbedaan yang jelas. Kabel orginal dari Apple (plat tembaga berwarna emas) sejajar dan rapi (agak tenggelam/mulus jika diraba dengan kuku). Sementara non-original Apple lebih terlihat menonjol. Original Apple bagian faceplate berwarna grey/metalic lebih kearah doff. Tidak ada sambungan pada faceplate.

Perhatikan gambar kedua. Jika jeli, maka pada bagian sambungan antara kabel dan kepala USB maupun Lightning akan merekat dengan baik tanpa ada celah bagi kabel yang original dari Apple. berbeda dengan yang non-ori yang kadang masih terlihat celah.

bagian yang dilingkari adalah kabel non-ori

Badan kabel Lightning

Badan kabel Lightning

Kabel Lightning original dari Apple terdapat tulisan “Designed by Apple in California” yang dilanjutkan dengan tulisan “Assembled in China”, “Assembed in Vietnam” atau “Indústria Brasileira”, diikuti dengan 12 atau 17 digit serial number. Jarak antara tulisan dengan kepala USB sekitar 7 inchi. Non-original, biasanya ada tulisan seperti itu juga, akan tetapi kadang ada juga yang bertuliskan asal-asalan, misal “Designed by China”. Jikalau ada yang sama persis dengan Apple, maka produk apple memiliki tulisan yang lebih samar, warna tidak begitu tajam (mungkin agak transparan).

Jika seandainya tidak ada tulisan pada badan kabel “Designed by Apple in California”, tapi yakin bahwa itu aman, bisa jadi produknya merupakan MFi. Silahkan cek di kemasan, apakah ada tulisan MFi. Apa sih MFi itu? MFi adalah singkatan dari Made For iPhone.

Kepala kabel Lightning

Kepala kabel LightningKepala kabel Lightning 2Perhatikan gambar pertama. Pada ujung usb connector, terlihat kabel Lightning Original dari Apple memiliki sablonan logo USB yang berwarna grey, tidak terlalu tebal dan lebih soft. Lihat juga bagian tembaga di dalamnya, kabel original berwarna emas (gold-plate). sementara non-original akan berwarna perak (silver plate). Untuk yang ori, warna plate USB sama seperti ujung lightning.

Perhatikan gambar kedua. Pada ujung USB connector bagian belakangan, kabel original Apple memilik bentuk interlock berupa trapesium dengan jarak yang sama antara ujung dan ujung (jarak trapesium ke bagian plastik = jarak trapesium ke ujung). Sementara yang non-original jaraknya tidak sama.

Cukup mudah kan untuk membedakan kabel Lighting Original Apple. Yang penting anda harus teliti terhadap barang yang akan anda beli. Jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada teman-teman anda agar dapat lebih waspada, dan jika ada kekurangan dalam tutorial ini harap ditambahkan pada kolom komentar.

Sumber: Lasuardi Permana