Apple Merilis The new MacBook

The new MacBook

Ada dua perangkat yang dirilis Apple pada acara WWDC 2015 bulan maret lalu yaitu The new MacBook. Selain itu Apple juga merilis lini terbaru dari produknya yaitu Apple Watch yang mengusung konsep wearable device.

The new MacBook ini digandang-gandang adalah laptop tertipis didunia oleh Apple. Salin itu ada banyak hal yang baru yaitu sebagai berikut:

Desain Keyboard

Sekian banyak laptop didunia menggunakan desain mekanisme keyboard traditional. Kini Apple memberikan inovasi berupa mekanisme Butterfly. Apa maksutnya? Mekanisme Butterfly adalah suatu mekanisme yang memungkinkan agar keyboard lebih stabil, kunci responsif. Desain inovatif ini meningkatkan stabilitas, keseragaman, dan kontrol – tidak peduli di mana anda menekan tombol.

Selain itu tombol keyboard pada The new MacBook didesain ulang yang memperluas area tombol keyboard, konstruksi tipis, dan lengkungan lebih dalam, menciptakan ruang lebih pas untuk ujung jari. Dikombinasikan dengan mekanisme kupu-kupu, dan desain baru ini memungkinkan untuk kontrol lebih nyaman saat mengetik.

Konsep Butterfly pada keyboard The new MacBook dapat dilihat gambar dibawah ini.

The new MacBook

Backlighting Keyboard

Desain Backlighting keyboard sebelumnya Apple menggunakan efek cahaya pantulan pada keyboard. Kini Apple berinovasi jauh lebih baik dengan mendesain ulang backlighting, dimana desain backlighting pada keyboard The new MacBook terdapat lampu LED disetiap tombol sehingga memberikan efek jernih dan tajam pada disaat berada didaerah minim cahaya. Namun begitu energi yang digunakan tetap efesien.

Backlighting Keyboard

Layar Retina

Pada area layar, Apple juga melakukan perubahan dengan melakukan inovasi-inovasi yang brilian. Yaitu dengan layar 12-inch yang diklaim tidak hanya menghasilkan gambar yang sempurna namun disertai desain yang tipis mencapai 0.88 mm. Dan memiliki resolusi 2304×1440 pixel dengan Aspect ratio 16:10 dan Viewing angel 178°.

Selain itu Apple juga berinovasi dengan mendesain ulang pixel dimana memperbesar pixel membuat aperture yang lebih besar sehingga memungkinkan lebih banyak cahaya untuk melewati. Hal ini memungkinkan untuk menghemat daya hingga 30% akan tetapi tidak mengurangi tingkat pencahayaan.

Trackpad

Apple memperbahuri disi Trackpad yang dinamakan sistem Force Touch. Selain intuitif fitur Multi-Touch memungkinkan anda bergulir, menggesekkan, mencubit, dan berputar. Force Touch membawa dimensi baru untuk pengalaman Mac. Sensitivitas dapat disesuaikan, memungkinkan untuk mengatur berapa banyak tekanan yang dibutuhkan saat mengeklik. Bahkan trackpad dapat memberitahu apakah anda mengklik dengan jempol atau jari lain dan secara otomatis menyesuaikan tingkat sensitivitas.

Prosesor

Pada The new MacBook Apple membenamkan prosesor Intel generasi kelima yang bernama Intel Core M “Broadwell” dengan desain berteknologi 14-nanometer yang dapat menghemat daya dan performa yang lebih efisien. Dengan prosesor ini diharapkan dapat menangani pekerjaan-pekerjaan berat anda.

Internal design The new MacBook

Dengan adanya prosesor Intel Core M “Broadwell” yang lebih ifisen membantu Apple untuk berinovasi dengan mendesain ulang login board yang dulunya ukurannya besar pada MacBook Air kini pada The new MacBook logicboard semakin kecil sehingga bodinya semakin tipis.

Logic board The new MacBook

Baterai

Untuk menunjang daya tahan baterai Apple juga menggunakan ruang kosong pada bodi The new MacBook. Apple juga tidak menggunakan desain lama yang berbentuk kotak. Kali ini Apple menggunakan desain baterai sesuai bentuk casing MacBook sehingga tidak mengurangi kapasitas tampung baterai. Daya tahan baterai The new MacBook ini diklaim oleh Apple bisa bertahan hingga 10 jam.

Battery design The new MacBook

Battery full body The new MacBook

USB-C

Untuk meciptakan desain tipis dari lini MacBook Apple harus memutar otaknya agar port-port yang tidak digunakan bisa dihilangkan. Dalam hal ini Apple menghilangkan port USB, VGA, HDMI, dan port koneksi layar. Diciptakanlah sebuah port USB Universal yang dinamakan USB-C. USB-C ini digunakan Apple sebagai charging, selain charging bisa digunakan untuk koneksi USB 3.0 untuk mentransfer data dengan cepat, dan output video yang mendukung VGA, HDMI, port koneksi layar. Namun anda haru membeli kabel untuk menggunakan fasilitas USB-C agar dapat berinteraksi dengan perangkat yang ditancapkan.

USB-C The new MacBook

Perlu diketahui juga The new MacBook tersedia dengan pilihan warana yaitu Silver, Gold, dan Space Gray. Anda dapat melihatnya pada gambar dibawah ini.

Color of The new MacBook

Nah itulah sedugang inovasi yang dilakukan untuk mendesain ulang The new MacBook. Apakah anda berminat membelinya? Silahkan tulis jawabannya pada kolom komentar.

Sumber: Apple